iklan pembajakan dan DSL pak john

sekarang balik lagi, demen demennya utak atik gnu/linux. sambil bertanya-tanya pada diri sendiri, apalagi itu iklan iklan di tivi tentang pembajakan software dan ketenagakerjaan. bingung?
begini..
menurut iklan di tivi mengenai pembajakan software,salah satu argumen yang diajukan adalah apabila pembajakan software diberantas, maka akan tumbuh ribuan lapangan kerja baru di Indonesia.

lalu saya teringat pada situs damnsmalllinux.org.nah,disini pak john sang pengelola situs merupakan pembuat distribusi gnu-linux yang ia namakan damnsmalllinux,dan ia menjual berbagai item. dengan mengandalkan keheningan pc buatannya, doi bisa menjual pc rakitan seharga $260 sampai $490, tanpa monitor. dan dia juga menjual spare part jika kita ingin merakit sendiri.
namun sayangnya, part terpenting untuk membuat mini-silent-pc seperti yang dijual pak john, yaitu motherboard mini-itx, tidak dijual bebas di indonesia, dalam artian sejauh saya mengitari mangga dua dan dusit cuman 1 (!) toko yang menjualnya.
namun menggunakan motherboard pasaran pun kita sudah bisa merakit pc dengan DSL tersebut. tidak perlu harddisk/cd/dvd, karena dengan USB flash disk sudah bisa boot ke DSL.
saya pernah mencoba DSL yang muat dalam CD 8cm maupun USB flash. tanpa banyak utak atik sudah bisa memakai komputer untuk ngetik dan ngenet. tanpa harus susah susah install.
singkatnya, saya bingung dengan iklan tv mengenai pemberantasan pembajakan dan ketenagakerjaan. sebab, saya koq agak-agak gimana dengan pola-pola semacam ini.
mengapa bukan Indonesia Goes Open Source yang diiklankan?
mengapa toko-toko di mangga dua ato dusit perlu mencantumkan : Tidak melayani instalasi software bajakan ?
mengapa toko-toko itu tidak mencantumkan : Melayani instalasi GNU-Linux
kan HP ato IBM sudah….

oya, pak john sendiri mencantumkan di situsnya bahwa dia perlu inkam untuk meneruskan pengembangan DSL, sehingga dia jualan pc seperti diatas.
hmmm…

This entry was posted in misc., otjehan sagala matjem and tagged , , . Bookmark the permalink.

One Response to iklan pembajakan dan DSL pak john

  1. Pingback: Komputer hemat energi « lilik surya nugrohojati, ya?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s