transport tycoon anyone ?

mari kita lengkapi keluh kesah tentang kondisi lalu lintas di jakarta. tepatnya, kita sudahi :))
kesemuanya bermuara pada, apakah yang bisa dilakukan untuk mengatasinya?
berbekal pengalaman memainkan transport tycon (yup, PC game saudara-saudari yang berbahagia), maka ada beberapa hal yang ingin saya ungkapkan, yang syukur-syukur merupakan jalan keluar problem lalu lintas dimaksud.
1. materi diklat untuk pegawai departemen/dinas perhubungan dan instansi terkait perlu ditambah dengan sesi bermain game transport tycon (atau simtrans).
jika ada yang menganggap ide ini bodoh, saya akan memberikan penjelasan. pertama, para pengambil kebijakan dibidang transportasi perlu memiliki kemampuan analisis yang mumpuni, serta kepekaan terhadap perubahan sosial. keterbatasan jangkauan pandangan adalah penghambat dari peningkatan kemampuan tersebut. maka dengan bermain simulator tsb beliau-beliau akan dilatih untuk melihat permasalahan dari sudut pandang lain, dan secara menyeluruh. bird view/table top management yang ditawarkan oleh simulator tsb sangat bagus untuk meningkatkan daya nalar atas problem lalu-lintas dan pemecahannya.
yang kedua, jika ada yang tertarik, bisa saja dibuat simutrans untuk transportasi di indonesia, yang bisa menjadi semacam simulator pengambilan kebijakan.adanya modeling dan simulator akan memudahkan perencanaan pengembangan sektor transportasi

2. dari berbagai diskusi kelas trotoar/biskota/dsc, terungkap ide untuk segera menerapkan pajak progresif untuk kendaraan bermotor. syaratnya, harga kendaraan bermotor harus terjangkau oleh kalangan menengah-kebawah, dan disisi lain pajaknya semakin lama akan semakin mahal sehingga akan lebih murah membeli baru. hal ini berdampak pada keuntungan pihak kon sumen dan produsen, namun perlu mencermati dam-pak lingkungan yang timbul jika terjadi pembuangan mobil bekas.

3.moda transportasi air seharusnya dikembangkan dengan sungguh-sungguh, mengingat wilayah Indonesia yang 60% adalah perairan.

..nyambung…

2015: alias sembilan tahun setelah ada tulisan di atas, adalah seorang walikota yang pantas disebut sebagai salah satu yang terbaik di negeri ini, yang ternyata memang berpengalaman memainkan PC Game sejenis transport tycoon, lebih makro malahan, yaitu Sim City. monggo, beliau adalah bu Risma, walikota petahana van Surabaya.

This entry was posted in otjehan sagala matjem. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s