Dhhuuueggmokrasi

Sebagai seorang yang mengaku-aku lulusan fisipol (fakultas ilmu santai dan ilmu poelesir), maka betapa tertamparnya aku membaca tulisan ini

Saya khawatirnya PLTN ini jadi kayak demokrasi. Mentang-mentang demokrasi lagi musim, dan didukung mitos bahwa demokrasi adalah yang terbaik di dunia, maka semua negara ikut-ikutan demokratis.

Padahal, seperti berkali-kali saya matur di forum ini, syarat demokrasi itu tingkat pendidikan masyarakat relatif tidak terlampau timpang. Doktornya banyak. Tapi jauh lebih buanyak lagi yang nggak tamat SD dan buta huruf. Perbedaan tingkat kekayaan masyarakat juga tidak terlalu njomplang.

Sebelum syarat itu terpenuhi…ya…bentuk formalnya sih demokratis. Tapi pemilih akan terus-menerus dibodohi oleh partai dan calon-calon pemimpin. Dan yang jadi pemimpin eksekurif maupun elite partai adalah orang-orang dari jaringan kelompok kaya-raya yang itu-itu juga.

Dalam konteks ini, dan 62 tahun merdeka, kasak-kusuk yang makin santer agar kita balik lagi ke bentuk kerajaan perlu kita beri perhatian serius.

Dhugg dhziggg… matursembahnuwun pakdhe Sujiwo Tejo, tulisan panjenengan ini lah yang selama ini saya cari untuk menerangkan sebuah sintesis dikepala ini. Ya, saya sudah maklum atas kondisi di atas, mengenai keruwet carut marutan kehidupan demokrasi di Indonesia. Namun untuk mengungkapkan dalam satu dua kalimat koq susaaaah buanget…Nah, surfing ke padepokannya Pak Budi Raharjo lah yang mengantarku ke lokasi nya pakdhe Sujiwo Tejo.

Dhueqmokrasi… Oh my, memang kondisi inilah yang musti kita benahi bersama. Dan saya tak bisa lebih setuju (I could not agree more) bahwa pembenahan musti dari pendidikan. Pendidikan yang dimulai sedini mungkin..

Oh ya, sebelum lupa. Tulisan mengenai demokrasi dan pendidikan ini (bukan pendidikan demokrasi loh ya, beda itu), sebagaimana kusebut diatas. kutemukan di blog Pak BR, seorang Dosen 😀

Go figure !!!

This entry was posted in misc., otjehan sagala matjem. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s