listrik?

sampai hari ini kejelasan mengenai krisis listrik di negara kita ini, masih selayak lampu teplok. sayup-sayup. tapi aku tak kan membahas kenapa dan harus bagaimana mengenai krisis listrik ini. dah juweh sih 😀

aku membaca posting beberapa temen di milis yang kuikuti, menjadikan ku miris..tapi sedikit clue aku dapat sewaktu sempet ke pontianak beberapa saat lalu, menyaksikan dideket penginapan ada kompleks ruko yang nyaris setiap tokonya menyiapkan genset di muka toko.

dan bener aja, pas siang-siang listrik njeglek dan genset2 itu menyala dengan riang.

tunggu dulu. genset kan pake bensin atau solar. gimana belinya kalo pom bensin juga mengalami kelangkaan solar dan bensin? dan karena bbm langka itu, beli bensin juga dibatasi, mbeli pake jerigen juga tidak bole.

sama persis dengan kejadian yang dialami rekan di milis itu. sewaktu bawa jrigen ke pom bensin, ditolak, tapi diijinkan jika melapor ke manajernya, dan gensetnya dibawa ke pom bensin. waks?

tapi kemudian meluncurlah beberapa cerita mengenai seluk beluk bensin/solar untuk genset itu. intinya, kalo mau pake genset, maka bbm nya musti yang harga untuk industri (baca a la ruben : Muahalll). kalo semacam rumah sakit, musti pake ijin/keterangan dari lurah dan polisi setempat, baru bisa beli bahan bakar buat gensetnya. i say again, waaks?

dan kemudian, masalah investor. mau pameran dan roadshow kemanapun, ketika pln aja mengharuskan industri dan retail berhemat, lha gimana mau produksi kalo gelap2 an? ato gimana mau produksi terus kalo listriknya njeglek trus bbm buat gensetnya nda ada karena bbm langka dan dibatesi pembeliannya? investor itu butuh bbm dan listrik mennn… ga mungkin yaoo, mbuka pabrik tekstil misalnya, trus mesin pemintalnya pake tenaga kuda atau kerbo..

come on…. esdm? pln? are you listening?

This entry was posted in otjehan sagala matjem and tagged , , , . Bookmark the permalink.

One Response to listrik?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s