Hujan, duit

Hari ini, seusai membawa Supri ke bengkel, aku mengunjungi teman di bilangan Jakarta Selatan untuk membantunya dalam troubleshooting komputer. Sesampainya disana, hujan turun deras sekali. Aku disana sampai lewat tengah hari, sambil menanti hujan mereda. Hmm, sepertinya sudah lama aku tidak melihat hujan sederas itu. Sesaat setelah hujan reda, meskipun masih mendung, aku memutuskan untuk berpamitan. Tak lupa kusampaikan terima kasih atas tip yang diberikannya. Aku pun memacu Supri untuk kembali ke rumah. Indikator bensin yang berkedip-kedip membuatku ambil keputusan untuk sesegera mungkin mengisi bensin. Ternyata tak jauh dari situ ada sebuah stasiun pengisi bahan bakar untuk umum. Seperti biasa, aku membayar 15 ribu rupiah untuk bensin 2,5 liter.

Aku berlalu. Melewati jalanan macet, pikiran ku berkelana. Kembali ke masa ketika untuk sekali format sebuah harddisk PC atau meng install ulang software, aku diberi tip antara 20 – 40 ribu. Waktu itu, uang sewa kos ku sekitar 75 ribu per bulan. Jadi waktu itu enak banget ya hehehe. Sekarang, tip yang kuterima jauh lebih besar, tapi dengan jarak tempuh yang lebih jauh pula. Macet, jalanan becek, jarak yang jauh, membuatku memperbandingkan antara suasana kantor dengan usaha yang kulakukan ini. Aku jadi lebih menghargai sedikit penghasilan yang kudapat dengan berpayah-susah semacam ini. Sekaligus sedih. Aku sering mendapat cerita dari teman yang penghasilannya per hari rata-rata separoh dari tip yang kudapat, meskipun dia bekerja siang sampai malam. Sedangkan aku, well, jauh lebih enak daripada dia dari segi penghasilan ini. Sedih, karena, aku masih sering kurang bersyukur atas rezeki dari Alloh.

This entry was posted in otjehan sagala matjem. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

