tentang Iman – Ahlak – Ilmu

Rasanya baru kemarin pagi bayi ku lahir. Balita yang sekarang sudah mulai menirukan gerakan-gerakan saat sholat tarawih, dan sudah bisa mengucapkan aamiiin seusai Al-Fatihah dibacakan, dengan tempo yang sama dengan jamaah yang lain. Tapi bukan itu yang paling kusyukuri dari krucil ku. Aku sudah senang dan syukur kala ia mau mengucapkan “uwun (nyuwun)” , “minta”, atau “boleh, boleeh?” saat meminjam mainan atau meminta makanan/minuman dari orang lain termasuk pengasuh dan teman sebayanya. Dan mau membaca basmalah saat mulai makan atau minum. Juga saat sholat sudah mau relatif tenang, tidak berlari-lari diantara shaf.

Ini adalah sebuah catatan kecil  dalam  serial mengikuti fase mengasuh anak dalam skema iman – ahlak – ilmu, sebagaimana disampaikan oleh Pak Amiruddin yang sangat kunantikan lanjutan nya, soalnya baru separo jalan  uraiannya waktu sudah keburu habis:D

one more thing, yang sedikit mengusik benakku juga sudah terjawab. tentang Rasulullah SAW sebagai uswatun hasanah. ternyata jadi kaya raya bukan salah satu contoh utama dari baginda Rasulullah,  karena Beliau berdagang dan kemudian memperistri Siti Khadijah yang kaya raya saat belum mendapatkan wahyu kenabian. Salah satu kisah nya – kalau tidak salah dalam HR Bukhari –  adalah bahwa untuk membeli bahan makanan berupa gandum, Rasulullah SAW sampai menggadaikan baju zirah (armor/baju besi) kepada seorang Yahudi.Ini sekaligus juga menjadi cerita untuk anakku agar tidak menyia nyiakan makanan, karena sebutir saja gandum/beras/jagung yang tercecer itu sesungguhnya sangat berharga.

Demikian tulisan random pagi ini….

This entry was posted in otjehan sagala matjem. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s